Jumat, 20 Agustus 2021

Kenali Cara Kerja dan Keuntungan Memilih Asuransi Jiwa Murni

Asuransi Jiwa Murni


Asuransi Jiwa Murni menjadi salah satu pilihan yang banyak dipertimbangkan oleh masyarakat ketika ingin memilih asuransi jiwa. Asuransi tersebut memberikan pertanggungan berupa uang sebagai benefit jika pemilik asuransi mengalami risiko dalam hal ini adalah meninggal dunia. Untuk jenis asuransi ini, premi asuransi yang disetorkan oleh nasabah semuanya akan digunakan sebagai benefit asuransi tanpa pengembalian premi ketika jangka waktu berakhir.

 

Bagaimana Cara Kerjanya?


Jenis asuransi ini memiliki karakteristik yang membedakannya dengan asuransi lain. Asuransi tersebut secara umum memiliki 3 cara kerja dengan penjelasan sebagai berikut.


  • Perlindungan Untuk Jangka Waktu Tertentu

Asuransi ini menawarkan jangka waktu perlindungan antara 5 – 20 tahun. Nasabah dapat memilih jangka waktu tersebut sesuai dengan kebutuhan. Untuk asuransi yang tidak memberikan batasan waktu perlindungan disebut whole life. Jangka waktu ini menjadi hal yang penting. Semakin panjang jangka waktu yang dipilih, premi yang harus disetorkan pun lebih tinggi. 


  • Benefit Diberikan Ketika Tertanggung Meninggal Dunia

Risiko yang ditanggung oleh asuransi jiwa murni adalah ketika tertanggung meninggal dunia dengan penyebab apapun baik karena sakit maupun kecelakaan. Namun beberapa jenis asuransi kadang juga menawarkan tambahan manfaat yang dapat dipilih.


  • Premi Hangus Ketika Tidak Ada Klaim

Dalam asuransi ini tidak ada yang namanya pengembalian premi. Jadi premi tersebut akan hangus jika tidak ada klaim sampai batas waktu perlindungan yang telah ditentukan. 

 

Jenis 


Asuransi murni ternyata terdiri dari beberapa jenis dengan ketentuan proteksi yang berbeda-beda yaitu sebagai berikut


  • Term Life Insurance

Sesuai namanya, jenis asuransi ini menawarkan proteksi dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati mulai dari 5 tahun, 10 tahun, atau lebih dari itu. Dengan banyaknya pilihan jangka waktu yang tersedia, hal ini tentu akan sangat menguntungkan nasabah untuk memilih jangka waktu sesuai dengan kebutuhan atau kemampuan finansial.

Selain itu, selama periode tersebut nasabah juga akan membayar premi dengan jumlah flat atau tetap. Contohnya Anda mengambil asuransi dengan waktu penanggungan selama 20 tahun. Jumlah premi yang harus dibayar selama 20 tahun tersebut tidak akan berubah. Namun jika masa pertanggungan berakhir dan ingin diperpanjang, maka premi tersebut akan naik di tahun ke 21.

Asuransi ini menawarkan nilai pertanggungan yang besar. Tetapi premi yang sudah disetorkan tidak akan dikembalikan jika tidak ada klaim dalam periode pertanggungan. Namun jika dibandingkan dengan risiko yang ada, jumlah premi yang dibayarkan sebenarnya sepadan.


  • Asuransi Seumur Hidup

Jenis asuransi ini berlawanan dengan jenis sebelumnya yang memiliki waktu terbatas. Asuransi ini tidak memiliki jangka waktu atau jika ada batasnya mencapai 100 tahun. Sementara itu rata-rata angka harapan hidup di Indonesia tidak sampai 100 tahun. Jadi, jenis asuransi ini tergolong menguntungkan.


Pasalnya, klaim hampir pasti bisa dilakukan sebelum jangka waktu habis yaitu 100 tahun. Contohnya pemilik polis meninggal di usia 79 tahun. Maka uang pertanggungan akan cair saat itu


Memilih asuransi murni untuk asuransi jiwa menawarkan beberapa keuntungan yang dapat dirasakan oleh para nasabah. Salah satu keuntungannya adalah premi yang dibayarkan lebih terjangkau dibandingkan premi dari jenis asuransi lainnya. Hal ini karena fokus pertanggungannya adalah jika pemegang polis meninggal dalam jangka waktu pertanggungan.


Sementara itu, uang pertanggungan yang diberikan sangat besar karena semua premi hanya untuk hal tersebut tanpa dibagi dengan kepentingan lain seperti investasi. Jadi keluarga atau ahli waris akan mendapatkan nominal yang lebih optimal.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar