Rabu, 12 Mei 2021

4 Jenis Asuransi Unit Link yang Wajib Diketahui

Jenis Asuransi


Mau berinvestasi sekaligus terlindungi? Anda bisa memilih Asuransi Jiwa Unit Link yang bagus! Seperti diketahui, asuransi unit link sendiri merupakan salah satu jenis asuransi yang mengombinasikan dua produk keuangan, yakni investasi dan asuransi. Nantinya, dana yang dibayarkan oleh nasabah akan dibagi dua, sebagian dimasukkan pada premi asuransi dan sebagiannya lagi untuk investasi yang dikelola langsung oleh Manajer Investasi (MI).

Sama halnya dengan asuransi jenis lainnya, asuransi unit link ini juga memiliki banyak jenis, di antaranya:

1.       Asuransi unit link saham (equality unit link)

Asuransi unit link saham biasanya memberikan potensi imbal hasil lebih tinggi, yang mana berupa keuntungan modal melalui pertumbuhan harga saham maupun dividen. Asuransi unit link saham ini menawarkan pertumbuhan nilai investasi yang paling besar dibanding instrumen investasi lainnya namun dengan risiko yang tinggi pula.

Untuk itu, instrumen investasi jenis ini hanya cocok untuk orang-orang yang mengharapkan hasil investasi yang besar dan terbiasa dengan risiko besar yang diberikannya. 

2.       Asuransi unit link campuran (managed unit link)

Sesuai dengan namanya, asuransi unit link campuran ini biasanya menempatkan dana investasi di beberapa instrumen investasi seperti pasar uang, surat utang, saham, dan lain sebagainya. Berbeda dengan asuransi unit link saham, imbal hasil yang diberikan pada asuransi jenis ini lebih kecil dari unit link saham dengan risiko yang tentunya lebih kecil pula.

Jenis ini cocok untuk yang ingin mendapatkan keuntungan dalam jumlah sedang  dan mengharapkan hasil investasi jangka panjang.

3.       Asuransi unit link pendapatan tetap (fixed income unit link)

Produk asuransi unit link pendapatan tetap menempatkan dana investasi yang dikelola setidaknya 80% di instrumen obligasi atau surat utang dan sisanya diinvestasikan di instrumen pasar uang. Dibanding asuransi unit link campuran maupun saham, risiko yang diberikan investasi unit link pendapatan tetap ini jauh lebih rendah tapi imbal hasilnya tidak setinggi unit link campuran dan saham. 

Produk investasi satu ini cocok untuk yang ingin mendapatkan keuntungan yang stabil dengan risiko yang tidak terlalu besar.

4.       Asuransi unit link pasar uang (cash fund unit link)

Berbeda dengan asuransi unit link pendapatan tetap, asuransi unit link pasar uang ini menempatkan seluruh dana di instrumen pasar uang seperti deposito dan surat utang dengan jangka waktunya sendiri adalah kurang dari satu tahun. Jenis investasi satu ini memiliki risiko jauh lebih rendah dibanding jenis lainnya, namun untuk imbal hasil yang diberikan bisa dibilang rendah.

Produk ini cocok untuk yang tidak berani mengambil risiko besar tapi tetap mau melakukan investasi.

Demikian ulasan singkat terkait jenis-jenis asuransi unit link yang perlu untuk diketahui. So, Anda tertarik memilih jenis yang mana, nih?

0 komentar:

Posting Komentar