Jumat, 19 Maret 2021

Apa Itu Perawatan Brace Skoliosis?

Scoliosis

                Skoliosis atau kondisi kelengkungan pada tulang belakang yang diderita seseorang dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan fisik. Langkah pertama pengecekan ini umumnya akan  melihat seperti apa bentuk fisik tubuh penderita skoliosis; misalnya satu bahu yang terlihat jauh lebih tinggi daripada bahu lainnya atau tubuh yang cederung membungkuk. Selanjutnya, penderita skoliosis akan diberikan perawatan sesuai kondisinya; entah dengan perawatan brace skoliosis Indonesia, terapi, atau pembedahan kecil.

Istilah terapi ataupun pembedahan kecil mungkin tak lagi asing di telinga Anda. Namun, apa, sih, perawatan brace skoliosis itu? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

                Laman Alodokter menyebut jika sebagian besar kasus skoliosis tidak memiliki penyebab pasti (idiopatik). Namun, segelintir penderita skoliosis mengidap kondisi ini karena cedera tulang belakang, infeksi tulang belakang, bawaan lahir, gangguan saraf dan otot, ataupun tulang belakang yang aus karena usia. Oleh karena itu, pemeriksaan tulang belakang sebaiknya perlu dilakukan sedini dan serutin mungkin.

 

                 

 

Nah, brace skoliosis adalah salah satu bentuk penanganan kondisi kelengkungan tulang belakang dengan kelengkungan antara 25 hingga 40 derajat. Menurut laman Rumah Sakit Pondok Indah, kelengkungan ini umum diderita oleh anak-anak atau remaja. Sehingga, alat kesehatan dari besi ini banyak dipakai oleh penderita skoliosis bawaan lahir atau kondisi kelainan tulang sejak kecil.

Karena dipakaikan pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, brace skoliosis harus digunakan sampai 23 jam per hari untuk menghasilkan reduksi atau pengurangan kelengkungan yang maksimal. Alat medis ini pun harus dikenakan setiap hari, selayaknya pakaian, hingga masa pertumbuhan tulang anak berhenti. Jadi, anak dengan skoliosis mungkin sekali perlu memakai alat ini hingga bertahun-tahun lamanya.Brace skoliosis memiliki beberapa model desain; ada yang perlu dikenakan seharian penuh namun ada pula yang khusus untuk waktu tidur. Laman Healthline menyebut jika brace skoliosis yang dipakai seharian penuh (full-time braces) terbagi dalam 3 macam, yakni:

·         Milwaukee brace: kaku dan dikenakan di luar pakaian, sudah tak banyak lagi dipakai

·         Boston brace: seperti jaket yang melindungi tulang belakang dari ketiak hingga panggul, tipe yang paling umum dikenakan saat ini

·         Wilmington brace: mirip dengan Boston brace, bedanya memiliki penutup di bagian depan tubuh

 

Sedangkan brace skoliosis untuk tidur (nighttime brace) dikenal dengan nama Charleston bending brace. Tipe ini dibuat khusus mengikuti bentuk tubuh dan kelengkungan tulang belakang penderita skoliosis, dengan tekanan kuat di bagian belakang dan lekukan melewati garis tengah punggung.

Itu dia ulasan tentang brace skoliosis untuk penanganan kasus kelengkungan tulang belakang. Apakah informasi di atas bermanfaat untuk Anda?

 

0 komentar:

Posting Komentar