Rabu, 24 Februari 2021

Rasa Sakit Pada Tenggorokan, Waspadai Gejala Radang Amandel

Gejala Amandel

Umumnya, penyakit radang amandel atau yang biasa disebut dengan tonsil atau tonsilitis ini dialami oleh anak pada usia 3 hingga 7 tahun. Namun tidak jarang juga dapat terjadi pada orang-orang dewasa. Organ tubuh manusia yang berada di tenggorokan ini memiliki fungsi agar mencegah infeksi, terlebih pada anak-anak. Untuk mewaspadai, simak gejala serta penyebab tonsilitis bisa terjadi.

Gejala Adanya Peradangan Pada Dua Kelenjar Kecil di Tenggorokan

Pada dasarnya penyakit yang menyerang anak kecil ini dapat pulih dengan jangka waktu kisaran 3 hingga 4 hari lamanya. Gejala yang biasanya dialami yaitu seperti mual-mual, batuk, merasakan sakit kepala, demam dan pastinya juga ada sakit serta tidak nyaman yang timbul pada daerah tenggorokan.

Gejala lainnya yang terkadang bisa dialami oleh anak-anak juga adanya penolakan pada makanan, atau kurangnya nafsu makan. Selain itu juga adanya tingkat frekuensi mengeluarkan air liur secara terus-menerus. Serta rasa sakit pada tenggorokan ketika sedang menelan makanan.

Pada gejala peradangan yang sudah parah, terkadang pembengkakan pada tonsil ini juga dapat menutupi jalan napas. Sehingga dapat menyulitkan penderitanya untuk bernapas. Jika sudah sampai kepada tahap ini, sebaiknya langsung melakukan tindak lanjut dengan datang ke dokter umum atau rumah sakit terdekat.

Apabila anda berhalangan untuk langsung pergi ke dokter, anda bisa melakukan konsultasi mengenai radang amandel ini melalui website atau aplikasi halodoc. Sebuah platform yang memfasilitasi untuk adanya interaksi yang terjadi antara dokter dengan pengguna. Tentunya hal ini memberikan kemudahan bagi anda untuk dapat berkonsultasi kepada dokter kapan saja.

Penyebab Terjadinya Peradangan

Tentunya setiap penyakit yang datang memiliki berbagai penyebab yang terkadang tidak disadari oleh diri sendiri. Begitu pula dengan peradangan ini, terdapat beberapa penyebab diantaranya yaitu ada virus yang menyerang, seperti influenza, adenovirus, Epstein-Barr, serta herpes. Apabila disebabkan oleh virus, peradangan ini bisa hilang kisaran waktu 10 hari.

Untuk bisa mengobati peradangan yang diakibatkan oleh virus, anda bisa konsumsi banyak cairan. Serta anda bisa melakukan kumur-kumur menggunakan obat kumur yang tersedia di apotek. Jika hal ini menyerang anak, anda bisa memberikan makanan yang bergizi serta menyuruh anak untuk lebih banyak minum agar daya tahan tubuhnya meningkat.

Selanjutnya penyebab terjadinya peradangan di dua kelenjar kecil ini bisa juga disebabkan oleh alergi, debu serta polusi. Yang mana hal ini tentu dapat menyebabkan terjadinya iritasi serta peradangan di bagian tenggorokan. Dengan begitu maka tentu saja akan memicu peradangan pada saluran pernapasan, paru-paru serta kerongkongan yang bisa menyebabkan amandel bengkak atau meradang.

Kemudian bisa juga diakibatkan oleh radang tenggorokan. Radang tenggorokan merupakan penyakit yang dapat menyebabkan peradangan. Ciri-ciri apabila terjadinya pembengkakan pada tonsil yang diakibatkan oleh radang tenggorokan, yaitu anda akan merasa sulit untuk menelan. Serta kesulitan saat hendak membuka mulut, dan adanya aroma dari mulut yang tentunya sangat tidak sedap. 

Jika hal ini terjadi maka ada baiknya untuk dapat segera diobati sebelum infeksi akan semakin parah nantinya. Penanganan yang dapat dilakukan apabila terjadi pada anak-anak, disarankan untuk langsung pergi ke dokter. Bisa juga dengan mengkonsumsi antibiotik sesuai dengan takaran yang telah dianjurkan.

Pengobatan yang Dapat Anda Lakukan

Pada proses pengobatannya, penyakit radang amandel ini dapat diobati tergantung dengan penyebabnya. Apabila disebabkan oleh infeksi virus, maka anda harus melawan sendiri virus tersebut. Pastinya dengan cara konsumsi vitamin serta air minum yang banyak untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Jika bukan dikarenakan virus, anda bisa melakukan beberapa pengobatan. Diantaranya yaitu beristirahat yang cukup. Apabila anda sebelumnya melakukan aktivitas atau rutinitas yang padat, sebaiknya anda melakukan istirahat dirumah. Hal ini bertujuan agar performa tubuh anda bisa pulih kembali dengan keadaan yang lebih kuat dan sehat.

Pengobatan selanjutnya yaitu anda bisa konsumsi makan-makanan yang halus serta lembut. Dikarenakan mengalami tenggorokan yang sakit, maka dengan mengkonsumsi makanan lembut akan membantu anda pada saat menelan, agar tenggorokan anda tidak terlalu merasakan sakit yang berlebih.

Mungkin anda tidak asing lagi dengan pengobatan yang satu ini. Yaitu berkumur dengan air garam. Pengobatan ini sering kali dilakukan selain mengatasi radang amandel, juga biasanya dilakukan pada saat mengalami sakit gigi yang berlebih. Manfaatnya agar bisa mengurangi nyeri serta rasa sakit yang dialami.

Pengobatan terakhir yaitu anda bisa konsumsi obat seperti paracetamol atau obat ibuprofen. Kedua obat ini tentunya memiliki khasiat sebagai pereda nyeri serta demam yang terkadang juga dialami oleh penderita peradangan pada tonsil. Anda bisa dengan mudah mendapatkan obat ini di apotek terdekat. Perlu diingat untuk memperhatikan dosis serta takaran pemakaian agar tidak terjadi overdosis.

Demikian beberapa ulasan mengenai peradangan tonsil. Mulai dari pengertian, penyebab hingga cara pengobatan. Yang mana hal ini bertujuan agar anda bisa memahami cara penanganan apabila anda atau orang terdekat sedang mengalami peradangan pada dua kelenjar yang berada di area tenggorokan ini.

 

0 komentar:

Posting Komentar