Kamis, 18 Februari 2021

8 Hal Baik untuk Kesehatan Jantung

 

Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital yang berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh untuk menunjang kelangsungan manusia hidup. Oleh karena itu, ada baiknya jantung dipelihara dengan baik agar terhindar dari penyakit. Salah satu penyakit yang menjadi momok bagi masyarakat adalah penyakit jantung karena penyakit tidak menular ini kerap muncul tiba-tiba dan merenggut nyawa penderitanya. Selain memproteksi diri dengan asuransi penyakit kritis atau dikenal juga dengan sebutan Critical Illness Insurance, tidak ada salahnya Anda juga melakukan 8 hal baik ini untuk menjaga kesehatan jantung.


Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.


1.       Mengonsumsi berbagai makanan yang baik

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung yakni mengonsumsi berbagai makanan baik seperti karbohidat kompleks, lemak sehat, serta buah dan sayur. Sebaiknya, semua panganan ini ada di setiap menu makan setiap hari Anda. Ganti juga penggunaan asupan garam dan penyedap rasa ke dalam tubuh dengan rempah alami.


2.       Aktif bergerak

Dengan aktif bergerak, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan kelebihan berat badan bisa dicegah. Tak perlu muluk-muluk, sebab, Anda bisa memulainya dengan berjalan kaki santai 30 menit setiap harinya. Jika sekarang masih dalam kondisi work from home, kurangi duduk di depan layar komputer tanpa jeda. Usahakan mengambil istirahat seperti berjalan mengitari rumah selama beberapa menit.


3.       Hindari merokok

Menurut Kompas.com, perokok aktif dan pasif sama-sama berisiko mengidap penyakit jantung. Makanya, para perokok aktif disarankan untuk meminta bantuan dari tenaga ahli agar dapat berhenti merokok secepat mungkin. Perokok pasif juga harus segera membiasakan diri untuk menjauhi asap rokok yang diembuskan oleh perokok aktif.


4.       Kurangi konsumsi lemak jenuh

Ternyata, mengonsumsi lemak tak jenuh bisa meningkatkan kolesterol dalam darah. Jenis lemak ini bisa Anda temukan pada daging merah, kulit ayam, makanan olahan, makanan yang digoreng, margarin, serta produk susu kaya lemak.


5.       Mengontrol tekanan darah

Ternyata, mencegah penyakit jantung juga melibatkan tekanan darah yang terkontrol. Cegah tekanan darah tinggi dengan meminimalkan asupan garam paling banyak satu sendok teh per hari atau lima gram per hari.


6.       Kelola stres dengan baik

Jangan mengabaikan jika Anda dalam keadaan stres. Diketahui bahwa stres juga mengganggu kesehatan jantung. Jika Anda sudah merasa stres, luangkan waktu sejenak untuk rileks. Bisa dengan mengerjakan hobi, meditasi, atau melakukan hal yang Anda senangi.


7.       Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Mulai sekarang, Anda juga harus memperhatikan kebersihan gigi dan mulut setiap harinya. Berdasarkan penelitian, bakteri di mulut biang penyakit gusi ternyata dapat berpindah ke aliran darah dan menyebabkan protein pemicu peradangan pembuluh darah meningkat. Kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Jadi, jangan lupa periksa gigi dan mulut yang rutin ya.


8.       Tidur yang cukup

Begadang jangan begadang kalau tiada artinya, sepenggal lirik lagu dari H. Rhoma Irama ini ada benarnya. Menurut ahli, kurang tidur bisa menyebabkan tekanan darah naik dan memicu peradangan. Bagi yang suka begadang, mulai sekarang atur pola tidur Anda dengan berusaha untuk tidur berkualitas, yaitu sekitar 8 jam setiap hari.

 

Nah, mulai sekarang lakukan 8 hal baik tersebut jika Anda menyayangi jantung Anda. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

 

 

0 komentar:

Posting Komentar