Jumat, 13 November 2020

Tips Membuka Toko Mainan Anak Yang Menguntungkan

Mainan Anak

Toko mainan anak merupakan salah satu bisnis yang dapat berkembang pesat. Hal ini dikarenakan mainan anak merupakan kebutuhan sekunder yang perlu dipenuhi dari waktu ke waktu. Lantas, bagaimana cara membuka toko ini agar dapat menghasilkan untung yang besar? Yuk simak tipsnya disini.

Tips Jitu Memulai Bisnis Mainan Anak

1. Menentukan Jenis Mainan

Dalam memulai berbagai bisnis apapun, langkah awal yang harus ditentukan adalah target pasar. Target pasar berfungsi untuk memfokuskan jenis usaha yang akan anda kembangkan. Selain itu, target yang spesifik juga dapat memudahkan konsumen untuk mengunjungi toko anda karena konsumen sudah yakin bahwa toko anda menyediakan keperluan mereka.

Hal ini dapat dicontohkan ketika anda membuka toko mainan anak untuk anak-anak yang berusia di bawah 2 tahun. Anda pasti menyediakan jenis permainan yang besar, tidak mudah ditelan dan aman untuk si kecil. Dengan demikian, anda dapat fokus mengembangkan bisnis dengan menentukan beberapa target kedepannya.

2. Menentukan Lokasi

Selain itu, anda juga harus menentukan lokasi pasar yang baik. Lokasi tersebut dapat ditinjau dari kondisi tempat yang memudahkan konsumen untuk menemukan toko anda. Dalam hal ini, anda dapat mencari lokasi yang dekat dengan sekolah, taman bermain, market maupun tempat-tempat lain yang sering dikunjungi oleh target pasar anda.

Dalam pengembangan ini, anda juga dapat mengembangkan toko online yang dapat dijangkau oleh siapapun. Toko online yang didirikan tersebut perlu dihadirkan dengan beberapa gambar dan ajakan yang menarik sehingga banyak pengunjung yang datang. Selain itu, anda juga dapat bergabung dengan beberapa platform toko online seperti Blibli.com, Shopee, Lazada, dan yang lainnya.

3. Memanfaatkan Momen Tertentu

Meskipun bisnis ini sangat menjanjikan karena banyak anak yang membutuhkan berbagai mainan, tetapi toko mainan anak seringkali rame hanya pada saat-saat tertentu. Hal ini dapat diketahui bahwa permintaan mainan anak akan tinggi ketika masa liburan, lebaran hari raya maupun saat natal.

Dalam hal ini, anda tentu bisa melakukan berbagai strategi ketika permintaan bisnis anda mulai turun. Misalnya, anda membuka promo besar-besaran ketika masa kenaikan kelas. Bahkan, jika toko anda berada di dekat sekolah maupun taman bermain, anda dapat merenovasi toko dengan berbagai fasilitas bermain ketika banyak anak-anak berdatangan di sekitar toko anda.

4. Mempromosikan Sisa Barang

Mainan anak memang seringkali mengikuti tren yang sedang disenangi oleh anak-anak. Hal ini menyebabkan mainan yang anda miliki akan tersimpan lama di gudang, sehingga rentan mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, penjualan ini dapat dilakukan dengan diskon harga dan bonus tanpa mengurangi modal awal pembelian anda. Barang-barang ini juga dapat ditawarkan pada momen tertentu.

5. Bernegosiasi Dengan Supplier

Selain itu, anda juga perlu mencari supplier yang tepat sebelum membuka toko mainan anak. Begitu pula, anda perlu mencari-cari berbagai supplier dan melakukan penawaran agar anda tidak mengalami kerugian dalam membuka bisnis ini. Anda juga dapat melakukan negosiasi terkait harga barang dan diskon yang diberikan.

Ketika membuka usaha dan tidak memiliki modal yang banyak, mencari supplier yang dapat memberikan pinjaman barang adalah solusi yang tepat. Bahkan, anda juga dapat mencari supplier yang bisa menerima kembali jika mainan di toko anda tidak laku. Tentunya, hal ini akan sangat menguntungkan anda sebagai pebisnis pemula.

Bisnis mainan memang dapat dinilai memiliki potensi yang sangat menguntungkan. Tetapi, kondisi kebutuhan mainan yang sering berubah-ubah juga mengakibatkan bisnis ini bisa mengalami kerugian jika kurang tepat dalam menjalankannya. Oleh karena itu, beberapa tips di atas dapat anda lakukan sebagai pebisnis pemula.

0 komentar:

Posting Komentar