Rabu, 18 Maret 2020

SEPERTI APA RUMAH KONTRAKAN SEDERHANA BERTIPE 36 ? INI GAMBARAN NYATANYA


SEPERTI APA RUMAH KONTRAKAN SEDERHANA BERTIPE 36 ? INI GAMBARAN NYATANYA

Setiap manusia sudah pasti memiliki banyak kebutuhan. Pada umumnya kebutuhan seorang manusia itu dibedakan menjadi dua bagian, salah satunya adalah kebutuhan pokok atau kebutuhan primer. Namanya saja kebutuhan pokok maka kebutuhan ini sebisa mungkin harus terpenuhi. Yang termasuk ke dalam kebutuhan primer adalah kebutuhan akan pangan, sandang dan papan.

Karena tergolong ke dalam kebutuhan primer maka ketiga jenis kebutuhan tersebut mau tidak mau harus dipenuhi, termasuk kebutuhan papan. Yang dimaksud dengan kebutuhan papan di sini adalah kebutuhan akan tempat tinggal, akan adanya tempat hunian, sebuah rumah. Kalau bisa rumah yang akan dijadikan tempat tinggal adalah yang nyaman untuk dihuni.

Rumah kontrakan yang nyaman adalah rumah yang membuat penghuninya betah untuk tinggal. Namun bukan berarti rumah yang bisa membuat nyaman penghuninya haruslah merupakan rumah yang besar, yang luas sekali ukurannya. Bisa jadi rumah yang nyaman merupakan rumah yang mungil, yang kecil ukurannya. Asalkan bisa ditata dengan baik rumah yang kecilpun bisa memberikan rasa nyaman.

Di Indonesia ini rumah yang kecil ukurannya termasuk ke dalam golongan rumah sederhana. Tipe rumah sederhana yang ada di Indonesia di antaranya adalah rumah dengan tipe 36. Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan rupah bertipe 36 tersebut. Namun sebagiannya lagi mungkin belum mengetahui dengan jelas.

Oleh karena itulah pada pembahasan kali ini akan diuraikan seperti apa rumah sederhana bertipe 36? Inilah gambaran nyatanya. Sebetulnya rumah bertipe 36 ini termasuk ke dalam golongan rumah dengan tipe minimalis kedua, yang pertama adalah rumah dengan tipe 21.

Rumah dengan tipe 36 tergolong ke dalam rumah sederhana, yang biasanya menjadi pilihan masyarakat di Indonesia yang digolongkan ke dalam masyarakat bawah dan kelas menengah. Rumah bertipe 36 ini sangat cocok bagi dua kalangan tersebut karena harganya yang murah, yang masih bisa dijangkau oleh kedua golongan masyarakat ini.

Di negara tercinta Indonesia dan mungkin juga di negara-negara lain rumah bisa dibeli dengan dua cara pembayaran. Bisa dengan dibayar secara tunai maupun dengan cara diangsur. Pembelian rumah dengan kredit atau dengan cara dicicil inilah yang paling banyak dipilih oleh masyarakat, baik itu yang  dingin membeli rumah mewah maupun rumah sederhana seperti rumah bertipe 36.

Mengapa pembelian rumah dengan mengangsur lebih banyak dijadikan pilihan karena lebih sesuai dengan kondisi keuangannya atau dana yang dimiliki. Biasanya biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli sebuah rumah meskipun berupa rumah sederhana bertipe 36 tetap bukanlah merupakan biaya yang sedikit. Kita harus menyiapkan dana belasan bahkan puluhan juta rupiah.

Jika dibayar secara cash memang terasa sangat berat. Uang kita langsung terkuras banyak. Tidak bisa lagi dipakai untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan lainnya lagi yang juga tidak kalah pentingnya. Lain halnya jika dibayar secara kredit. Setiap bulannya malah kita akan dibiasakan untuk menyisakan uang untuk membayar angsurannya. Jadi sedikit banyak kita diajarkan kedisipilinan, tidak boros juga.

Mungkin hanya di negara Indonesia tipe-tipe rumah ditandai dengan angka, antara lain rumah tipe 36 tadi. Angka-angka yang menjadi tipe dari rumah yang ada di Indonesia ini bukan tidak memiliki arti, ada lo artinya ternyata. Kalau ada yang belum tau arti atau maksudnya setelah ini akan dijelaskan.

Pengertian dari rumah sederhana dengan tipe 36 adalah bahwa luas keseluruhannya atau total ukuran dari rumah yang bersangkutan sebesar 36 meter persegi. Dan seringnya tidak hanya menamai atau menandainya dengan satu angka saja melainkan dua angka, seperti misalnya rumah sederhana dengan tipe 36/60, lebih lengkap lagi.

Yang dimaksud dengan rumah bertipe 36/60 adalah luas bangunan yang dimiliki oleh rumah tersebut adalah 36 meter persegi sedangkan 60 adalah luas 60 meter persegi, yang merupakan luas tanahnya. Ya memang sudah jamak terjadi bahwa luas tanah sebuah rumah akan selalu lebih besar jika dibandingkan dengan luas bangunannya.

Ada juga rumah sederhana berkonsep minimalis dengan tipe 36/65. Rumah ini memiliki luas bangunan 36 meter persegi. Sedangkan luas tanah yang dimiliki rumah tersebut adalah 65 meter persegi.

Di samping rumah sederhana dengan tipe 36/60 dan 36/65, ada lagi rumah berkonsep minimalis bertipe 36/72. Artinya bahwa rumah ini mempunyai bangunan dengan luas 36 meter persegi, luas tanahnya adalah 72 meter persegi. Jadi angka dibelakangnya yang menjadi angka kedua di sini merupakan angka yang menunjukkan luas tanahnya.

Rumah dengan tipe 36 maksudnya juga adalah bahwa rumahnya memiliki ukuran 6 meter kali 6 meter. Pada umumnya rumah sederhana bertipe 36 ini konsepnya minimalis.  Artinya bahwa rumah ini hanya mempunyai sedikit ruangan, tidak banyak.

Jika suatu saat kita ingin berencana sewa rumah kontrakan sederhana bertipe 36 maka nantinya kita akan memiliki rumah dengan satu ruang tamu yang biasanya juga digunakan sebagai ruang keluarga, ruangan untuk bersantai kemudian ditambah dengan kamar mandi sekaligus WC dan dapur, masing-masingnya juga satu jumlahnya. Yang jumlahnya dua hanyalah kamar untuk beristirahat atau kamar tidur.

Rumah dengan tipe 36 ini merupakan rumah yang sederhana, termasuk ke dalam rumah berkonsep minimalis. Ruangan-ruangan yang ada di rumah dengan tipe ini terbatas jumlahnya. Sehingga rumah bertipe 36 ini lebih cocok dipakai oleh keluarga muda. Keluarga yang baru saja menikah atau suami istri yang baru memiliki anak maksimal dua orang.

0 komentar:

Posting Komentar