Sabtu, 22 Februari 2020

9 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Model Canvas


9 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Model Canvas

Saat ini sedang menjamur bisnis dengan berbagai sektor dan berbagai target. Untuk mengembangkan bisnis dengan mudah, anda dapat menggunakan beberapa model. Salah satunya BMC. Model ini menggunakan media kanvas untuk menjelaskan dan memvisualisasikan suatu hal agar mudah dimengerti oleh orang lain. Hal ini dapat memaksimalkan kinerja karena dapat memperbaiki sistem dengan cepat dan tepat. Berikut hal hal yang terdapat dalam bisnis model Canvas (BMC).

Beberapa Elemen yang Ada Dalam BMC


1. Customer Segments
Setiap pemilik perusahaan harus menentukan target pelanggan yang ingin dicapai sebelum memulai bisnisnya. Hal ini bertujuan untuk menentukan jenis produk yang akan dikeluarkan oleh perusahaan. Setiap produk yang dihasilkan atau yang akan dipasarkan harus dapat memenuhi setiap segmen pelanggan. Contohnya, perusahaan penyedia jasa transportasi memiliki 3 segmen pelanggan. Setiap produknya terdiri atas 3 produk yang dapat menjawab kebutuhan pelanggan.


2. Value Proposition
Ini adalah poin yang menyediakan sekat keunggulan produk yang dimiliki perusahaan. Produk yang dikeluarkan memiliki keunggulan yang berbeda kaena memiliki segmen pelanggan yang berbeda. Pelanggan dapat memilih produk yang menjawab kebutuhannya. Produk harus memiliki sekat keunggulan dan kelemahan yang jelas. Elemen bisnis dengan model ini dapat digunakan untuk membedakan bisnis yang anda jalankan dengan bisnis lain, yang mana produk dan target pelanggannya serupa.

3. Revenue Streams
Setiap perusahaan mengharapkan produk yang dipasarkan dapat menjawab kebutuhan dari segmen pelanggannya. Selain itu, produk tersebut mampu laku keras dan dapat bersaing dengan para kompetitornya. Perusahaan pun akan mendapatkan pendapatan dari pelanggan yang senantiasa percaya dengan layanan dan kualitas produk perusahaan. Salah satu elemen bisnis model canvas ini sesuatu yang paling vital untuk kelangsungan perusahaan dalam proses perputaran produksi.

4. Key Resource
Ini adalah sekat dalam bisnis dengan model kanvas yang berisi daftar perencanaan dan pengelolaan sumber daya. Perusahaan wajib memiliki sekat ini dalam media kanvasnya. Hal ini dikarenakan perlunya pengelolaan dan perencanaan yang baik mengenai sumber daya yang dimiliki. Sumber daya tersebut seperti pengelolaan bahan baku untuk produksi, penataan sumber daya manusia, dan penataan sistem operasional. Ketiga hal ini harus diperhatikan untuk menunjang kestabilan bisnis.



5. Customer Relationship
Elemen ini adalah hal yang paling penting. Setiap perusahaan wajib menjaga hubungan baik dengan pelanggannya. Pelanggan memang seorang raja yang harus selalu mendapat pelayanan maksimal dan terbaik. Selain itu, kualitas produk yang ditawarkan harus selalu konsisten. Kedua poin ini yang dapat menjaga kepercayaan pelanggan, sehingga pelanggan tidak berpaling pada kompetitor perusahaan anda. Sebagai pebisnis, tentu anda mengerti bahwa mencari pelanggan itu sangat sulit.

6. Channels
Channels atau perantara digunakan untuk menyampaikan value proposition kepada segmen pelanggan yang dituju oleh perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan pemilihan media yang tepat untuk menyalurkan informasi tersebut. Informasi dapat disebar luaskan melalui berbagai cara, salah satunya dengan memilih cara bisnis online. Saat ini, inilah pilihan yang mampu menjangkau pelanggan dengan cepat. Kecanggihan teknologi dan kecepatan informasi dapat dimanfaatkan dengan tepat.

7. Key Activities
Key activities adalah sebuah elemen yang berhubungan dengan kegiatan produksi. Dalam elemen ini memberi sekat yang berfungsi meningkatkan produktivitas bisnis. Dengan adanya elemen ini, anda dapat menentukan proposisi nilai suatu produk. Dalam jangka waktu tertentu, anda dapat mempertimbangkan peningkatan proposisi nilai suatu produk. Elemen ini menjadi sangat penting untuk kelangsungan bisnis.


8. Key Partnership
Setiap usaha tentunya memiliki kerja sama dengan beberapa pihak untuk menunjang aktivitas produksi. Kerja sama yang telah dijalin tentu harus tetap dijaga agar aktivitas produksi dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. Melalui key partnership, anda dapat menjalin hubungan yang baik untuk menjaga siklus bisnis tetap stabil sehingga dapat mencapai ekspektasi anda.

9. Cost Structure
Bisnis tidak akan berputar dengan stabil bila tidak disertai rancangan biaya yang baik. Ini adalah elemen yang berfungsi untuk melihat struktur pembiayaan bisnis, sehingga dapat meminimalisasi kerugian perusahaan. Anda dapat memangkas kebutuhan yang tidak perlu dalam jangka waktu tertentu. Sembilan elemen ini penting bagi kelangsungan perusahaan, baik perusahaan dengan cara bisnis online maupun offline.

Bisnis merupakan suatu pekerjaan hal yang menjanjikan, jika dilakukan dengan benar dan tekun. Mempelajari sistem bisnis bukan suatu yang mudah, diperlukan waktu untuk berproses. Akan tetapi, bukan suatu hal yang mustahil untuk dipelajari dan setiap orang dapat mencoba memulai sebuah bisnis. Tertarikkah untuk menerapkan sistem BMC dalam bisnis anda?

0 komentar:

Posting Komentar